• Muqoddimah
    • SEKAPUR SIRIH
  • Tentang
    • Profil Pimpinan Pimpinan Pondok Al-Iman
      • KH. Mahfudz Hakiem
      • HJ. SITI QOMARIYAH MAHFUDZ HAKIEM
      • KH. Imam Bajuri. MP. d. I.
      • Drs. KH. Achmad Zawawi
      • Ibu Hj. Arini Ulfah Hidayatin, M.Pd
      • Ibu Hj. Usnida Mubarokah, M.Pd
      • Ibu Hj. Ratna Dairaturrohmah, S. Pd, M. Pd. I (Alm)
    • Kurikulum
      • Kulliyatu-l-Mu’alimin/Mu’alimat Al-Islamiyah (KMI)
      • Kajian Kitab Kuning
      • Program Khusus Kelas VI KMI
      • Tahfidzul Quran
    • Organisasi
      • Pengasuhan Santri
      • Koordinator
      • OPPI dan OSPI
    • Format Pendidikan
    • Denah Pondok
    • Jadwal Kegiatan Santri
    • Prestasi Santri dan Fasilitas
    • Sekilas tentang Al-Iman Ponorogo
    • Visi dan Misi
  • Sejarah
    • Pondok Al-Iman di Gandu
    • Pondok Al-Iman di Ngambakan
    • Pondok Al-Iman di Babadan
    • Pondok Al-Iman di Wonogiri
  • Pendaftaran Santri Baru
    • Pendaftaran Online
    • Waktu dan Tempat Pendaftaran
    • Syarat Pendaftaran
  • Ekstrakurikuler
    • Gallery
  • Alumni
    • IKATAN KELUARGA PONDOK PESANTREN AL-IMAN (IKPI)
      • IKPI KAIRO
        • ORIENTASI MAHASISWA BARU IKATAN KELUARGA AL IMAN DAN TAKRIM MUTAKHORRIJIN
        • Berita kegiatan Alumni Al Iman Di Cairo
        • Prestasi Santri Al-Iman di Negri Kinanah
    • Tracker Alumni
    • Permohonan Guru Pengabdian
  • Lain-Lain
    • Dinamika Pembangunan di PondokPesantren Al-Iman
    • Pondok Pesantren Modern Al Iman Wonogiri
    • Roudhotul Atfal (Taman Kanak-Kanak)
    • SWADAYA PONDOK PESANTREN AL-IMAN
      • Al-Iman Bakery
    • [INSERT_ELEMENTOR id=”11081″]

Al iman Ponorogo
  • Muqoddimah
    • SEKAPUR SIRIH
  • Tentang
    • Profil Pimpinan Pimpinan Pondok Al-Iman
      • KH. Mahfudz Hakiem
      • HJ. SITI QOMARIYAH MAHFUDZ HAKIEM
      • KH. Imam Bajuri. MP. d. I.
      • Drs. KH. Achmad Zawawi
      • Ibu Hj. Arini Ulfah Hidayatin, M.Pd
      • Ibu Hj. Usnida Mubarokah, M.Pd
      • Ibu Hj. Ratna Dairaturrohmah, S. Pd, M. Pd. I (Alm)
    • Kurikulum
      • Kulliyatu-l-Mu’alimin/Mu’alimat Al-Islamiyah (KMI)
      • Kajian Kitab Kuning
      • Program Khusus Kelas VI KMI
      • Tahfidzul Quran
    • Organisasi
      • Pengasuhan Santri
      • Koordinator
      • OPPI dan OSPI
    • Format Pendidikan
    • Denah Pondok
    • Jadwal Kegiatan Santri
    • Prestasi Santri dan Fasilitas
    • Sekilas tentang Al-Iman Ponorogo
    • Visi dan Misi
  • Sejarah
    • Pondok Al-Iman di Gandu
    • Pondok Al-Iman di Ngambakan
    • Pondok Al-Iman di Babadan
    • Pondok Al-Iman di Wonogiri
  • Pendaftaran Santri Baru
    • Pendaftaran Online
    • Waktu dan Tempat Pendaftaran
    • Syarat Pendaftaran
  • Ekstrakurikuler
    • Gallery
  • Alumni
    • IKATAN KELUARGA PONDOK PESANTREN AL-IMAN (IKPI)
      • IKPI KAIRO
        • ORIENTASI MAHASISWA BARU IKATAN KELUARGA AL IMAN DAN TAKRIM MUTAKHORRIJIN
        • Berita kegiatan Alumni Al Iman Di Cairo
        • Prestasi Santri Al-Iman di Negri Kinanah
    • Tracker Alumni
    • Permohonan Guru Pengabdian
  • Lain-Lain
    • Dinamika Pembangunan di PondokPesantren Al-Iman
    • Pondok Pesantren Modern Al Iman Wonogiri
    • Roudhotul Atfal (Taman Kanak-Kanak)
    • SWADAYA PONDOK PESANTREN AL-IMAN
      • Al-Iman Bakery
  • [INSERT_ELEMENTOR id=”11081″]

Artikel

  • Home
  • Blog
  • Artikel
  • Proses Belajar Santri Putri PP. Al-Iman Putri Ponorogo

Proses Belajar Santri Putri PP. Al-Iman Putri Ponorogo

  • Posted by Al-Iman Mutimedia
  • Categories Artikel
  • Date Juni 18, 2022
  • Comments 2 comments

Nabiilah Naurah Febriani
Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir
Semester. 6
301190073

 

Proses Belajar Santri Putri PP. Al-Iman Putri Ponorogo

            Pondok pesantren ialah lembaga pendidikan Islam dengan sistem asrama, ada santrinya, Kyai sebagai sentral figurnya, dan masjid sebagai tempat pusat kegiatan yang menjiwai.

            Menurut riwayat, pondok pesantren itu bermula dari adanya seorang Kyai (orang ‘alim) yang mengajar di surau atau masjid kecil, kemudian datang beberapa orang santri yang ingin mengenyam (belajar) ilmunya sambil menumpang di rumah kyainya tersebut. Semakin hari semakin banyak santrinya yang datang dan akhirnya rumah kyai itu tak dapat lagi menampungnya. Sehingga timbul inisiatif untuk mendirikan pondok-pondok atau kombongan atau dangau di sekitar masjid dan rumah kyai tadi.

            Belajar di Pondok Pesantren Al-Iman bernaung di bawah Kulliyatu-l-Mu’alimiin al-Islamiyah (KMI Putra) di Ngambakan, Bangunrejo, Sukorejo, Ponorogo dan Kulliyatu-l-Mu’alimaat al-Islamiyah (KMI Putri) di Babadan, Ponorogo. Masanya 6 tahun untuk kelas biasa dan 4 tahun untuk kelas eksperimen.

            KMI kelas I s/d III setingkat dengan Madrasah Tsanawiyah/SMP dan KMI kelas IV s/d kelas VI setingkat dengan Madrasah Aliyah/SMA. Pengertian setingkat disini tidak berarti sama persis baik materi ataupun jumlah jam pelajarannya, melainkan ada yang sama dan ada yang sedikit berbeda, namun kandungan muatannya bisa dikatakan seiring dan sejalan.

           Di KMI Al-Iman pelajaran agama dan bahasa mendapat bagian paling banyak ketimbang pelajaran umum, dimaksudkan untuk memantangkan bahasa santri terkhusus bahasa Arab. Sedangkan pelajaran umum diprioritaskan materi-materi pelajaran yang terdapat dalam ujian nasional. Untuk itu agar alokasi waktunya cukup, maka kegiatan ekstrakulikuler seperti olahraga, kesenian, dan keterampilan dilakukan di luar jam pelajaran formal, seperti di pagi buta atau sore hari.

          

Adapun kelas eksperimen ialah program setingkat ‘Aliyah yang ditempuh selama 4 tahun dan diperuntukkan bagi siswa tamatan Madrasah Tsanawiyah/SMP. Di tahun pertama (I Exp) mempelajari materi-materi agama dan bahasa (Arab-Inggris) kelas I dan II, kemudian di tahun kedua (III Exp) mereka mempelajari materi-materi agama dan bahasa (Arab-Inggris) kelas III dan IV. Adapun di tahun ketiga (kelas V) mereka berkumpul dengan rekan-rekannya yang duduk di kelas IV, begitu pula di tahun keempat (kelas VI). Jadi urutan kelas eksperimen sebagai berikut: Kelas I Exp, III Exp, V dan VI.

            Muatan pelajaran bahasa Arab dan agama di KMI Al-Iman dibuat padat dan terpadu. Karena target yang harus dicapai ialah tamatan kelas VI, sudah harus dapat memahami sendiri kitab-kitab yang berbahasa Arab.

            Tentang proses belajar-mengajar, sistem yang dipraktekkan di Pondok Pesantren Al Iman yakni bahasa Arab dan Inggris dimana kedua-duanya menggunakan langsung (direct method) yaitu guru dan siswa tidak memakai terjemahan dalam belajar kedua bahasa tersebut. Tetapi guru dan siswa langsung berbahasa Arab dan atau Inggris. Sementara di sekolah lain atau di lembaga lain memakai terjemahan ke dalam bahasa Indonesia.

            Untuk menunjang proses belajar dan mengajar ini, serta menopang sistem pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Iman maka diadakan pendampingan oleh para asatidz dan ustadzat dalam proses belajar para santri. Santri diwajibkan untuk belajar di malam hari selepas waktu shalat Isya, mulai pukul 20.00 WIB sampai dengan pukul 21.45 WIB.

            Jika memasuki waktu ujian semester dan ujian akhir semester makan proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) akan diliburkan dan diganti dengan hari tenang, yang akan disi dengan proses belajar secara individual oleh para santri dengan bimbingan para guru serta jajarannya untuk mensukseskan proses belajar dalam menghadapi ujian.

            Pendampingan yang dilakukan oleh asatidz dan ustadzat berjalan dengan sistem bergilir setiap harinya, juga didakan absen secara keliling  oleh petugas pengawas belajar santri. Telah terbukti bahwa dengan pendampingan yang baik di waktu belajar santri, dapat mendongkrak kenaikan nilai perindividu santri juga kesemangatan para santri dalam proses belajar, baik di dalam maupun di luar kelas, baik yang formal ataupun non-formal.

            Dengan proses dan metode ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas belajar para santri dan pada akhirnya dapat juga meningkatkan mutu pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Iman. jika hal ini terwujud nantinya maka akan tercipta pula generasi yang ahli ilmu dan pendidikan, yang merupakan tujuan awal didirikannya KMI yaitu lembaga persemaian guru-guru.

 

  • Share:
author avatar
Al-Iman Mutimedia

Previous post

Program Pembangunan Aktualisasi Diri Peserta Didik dalam Meningkatkan Mutu
Juni 18, 2022

Next post

STUDI KASUS KEPRIBADIAN SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN AL-IMAN PUTRA PONOROGO
Juni 27, 2022

You may also like

Program Pembangunan Aktualisasi Diri Peserta Didik dalam Meningkatkan Mutu
9 Desember, 2021

Oleh: Nurhadi, M. Pd. I.             Bakat dan minat peserta didik menjadi pertimbangan dalam menentukan program pengembangan aktualitas diri peserta didik di pondok pesantren al-iman putra. Hal ini dimaksudkan supaya peserta didik mampu mengaktualisasikan seluruh potensinya. Abraham maslow menjelaskan, aktualisasi …

MENANGKAP PESAN-PESAN PROSES AKREDITASI
9 Desember, 2021

Oleh: Nurul Hakim, S.Th.I., M.Hum.   Setiap pimpinan lembaga pendidikan—dari tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi pasti menginginkan agar akreditasi yang diberikan oleh pemerintah terhadap lembaganya baik nilainya. Untuk mendapatkan penilaian yang baik dari tim penilai akreditasi tentu tidaklah mudah. …

IMG_3521
MENELADANI KEPEMIMPINAN KIAI
9 Desember, 2021

    2 Comments

  1. Lolipop
    Juni 22, 2022
    Balas

    Waah menarik sekali

    • maintenance
      Juni 24, 2022
      Balas

      trimakasih

Leave A Reply Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Search

Kategori

  • Artikel
  • Uncategorized

[INSERT_ELEMENTOR id=”8920″]

Education Al Iman Ponorogo Theme by Al iman Multimedia. Powered by Mustafid adn Nadzir.