“Ada uangmembangunbiasa, adauangtidakadabangunanberartitidurtidakbekerja, uanghabistidakadabangunanberartisamadengankorupsi”. Demikiannasehat KH. AchmadZawawidalamkontekspembangunan di PondokPesantren Al-Iman. SelaindarisalahsatupancajangkaPondok, pembangunanmerupakansalahsatuperantarauntukmencapaiilmu yang diinginkan, karenadenganadanyasaranadanprasarana yang memadaimenunjukkankeseriusanPondokPesantren Al-ImandalammerealisasikanPancaJangkaPondokPesantren .

 

  • Pembangunan Gedung Baru Lantai 4

Bangunan ini berdiri pada, diperuntukkan untuk kelas-kelas para santriwati, dikarenakan kian banyaknya jumlah santri di Pondok Pesantren Al-Iman Putri dan banyaknya pemekaran kelas-kelas, diharapkan dengan adanya gedung ini, kelas-kelas santriwati semakin rapi dan tertata serta menambah kesemangatan para santri untuk belajar di kelas.

 

  • Pembangunan Perumahan Guru

Bangunan,ini menyelesaikan tahap pertamanya pada 2018 akhir, bangunan ini diperuntukkan khusus bagi asatidz yang sudah berkeluarga, saat ini sudah ada tiga kepala keluarga yang sudah menempati bangunan tersebut, diharapkan dengan adanya bangunan tersebut dapat memacu kesemangatan para Asatidz dalam mengajar dan mendidik di Pondok Pesantren Al-Iman Putri dengan tetap mengerjakan kewajiban dalam berkeluarga.

 

  • Pembangunan Rest Area Baru Di Depan Masjid

Dengan banyaknya santri di Pondok Pesantren Al-Iman Putri, hingga membuat volume para wali santriwati untuk menjenguk putrinya kian bertambah maka dari itu dibangunlah Rest Area Baru yang terletak di depan masjid Kampus Putri, yang mulai dipergunakan pada tahun 2018, hingga para wali santri maupun santriwati merasa nyaman saat menjenguk atau dijenguk.

 

  • Renovasi Kamar Mandi Al-Huda

Renovasi kamar mandi merupakan salah satu bentuk untuk meningkatkan kesejahteran para santriwati, kamar mandi ini resmi digunakan pada awal Januari 2019,setelah dibangun selama beberapa minggu, diharapkan dengan adanya renovasi kamar mandi ini para santriwati kian terpacu untuk selalu menjaga kebersihan kamar mandi dan lingkungan.

 

  •  Pembangunan Masjid Ar-Rahman

Alhamdulillah pada tahun ini pembangunan masjid Ar-Rahman telah sampai pada tahap penyelesaian. Pembangunan masjid ini sendiri telah dimulai dari tahun 2017 yang masih dilakukan penyempurnaan sampai hari ini. Latar belakang pembangunan masjid ini adalah selain usia masjid yang sudah tua juga didorong oleh jumlah santri yang terus meningkat sehingga perlu dilakukan perluasan tempat ibadah.

 

  • Pembangunan MCK Dua Tingkat

Selain melakukan pembangunan masjid juga dilakukan pembangunan MCK dua tingkat hamper sama yang melatarbelakangi pembangunannya adalah jumlah santri yang terus mengalami peningkatan. Dan sekarang pembangunannya sudah sampai pada titik penyelesaian akhir.

 

  • Pembangunan Lapangan Futsal

Untuk memajukan prestasi santri dalam bidang olahraga diperlukan fasilitas yang memadai oleh karena itu dibangunlah lapangan futsal yang terletak di samping lapangan bola. Dengan penambahan lapangan ini diharapkan olahraga santri menjadi lebih berkualitas dan berprestsi.