MENJAGA IKATAN SILATURRAHMI ALUMNI

 

Jarak Boleh Berbeda, Tetapi Kebersamaan Tetap Terjaga

 

Suatu kebersamaan di dalam lembaga Ikatan Keluarga Pondok Pesantren Al-Iman (IKPI) harus terus terjaga  hingga batas yang tak terhingga, bukan karna jarak yang berbeda dan kebersamaan itu penting bukan hanya menjaga silaturahmi, tetapi harus menghasilkan sesuatu uang baik.Maka dari itu disinilah IKPI hadir dan terbentuk sebagai wadah untuk menjalin dan menjaga kebersamaan serta silaturahmi antar alumni.

 

Silaturahmi IKPI di Pondok Pesantren Al Iman

Dalam memperkokoh tali silaturahmi antara alumni serta keluarga pondok, maka diadakan beberapa kunjungan silaturahmi. Para alumni bersepakat untuk berkumpul di Pondok Pesantren Al Iman tercinta, sekaligus memperingati seperempat abad. Para Alumni dari berbagai daerah dan angkatan dating untuk berkumpul.

 

Silaturahmi ini dilaksanakan pada hari Jum’at-Sabtu tanggal 6-8 Mei 2016,  adapun rentetan acaranya dimulai dengan silaturahmi ke kediaman pimpinan Pondok Pesantren Al Iman Putri kemudian dilanjutkan silaturahmi ke Gandu dimana Pondok Al-Iman pertama kali lahir yakni di kediaman pengasuh pondok,Usth Hj Siti Qomariah.Di sana Para alumni dapat mengenang kembali massa-masa indah yang pernah mereka lalui terutama untuk alumni pertama. Setelah itu perjalanan berlanjut ke Pondok Pesantren Al-Iman Putra silaturahmi di rumah Bapak Pimpinanan sekaligus menunaikan sholat jum’at. Kemudian mengunjungi makam Pendiri Pondok Al-Iman Alm Ust KH Mahfudz Hakim lalu setelah itu kembali ke pondok putri untuk istirahat.

 

 Pada keesokan harinya acara dilanjutkan dengan temu kangen dan bertukar informasi yang dikemas dalam outbond dan anjang sana, sehingga tampak jelas betapa erat ukhuwah di antara para alumni. Kemudian pada malam hari diadakan penutupan dan perpisahan silaturahmi IKPI yang dihadiri oleh Bapak Pimpinan. Acara ini sangat berkesan dan penuh dengan keharmonisan, karena para alumni dapat bersilaturahmi secara langsung dengan keluarga pondok dan mendengarkan tausiah serta nasehat penting dari Bapak Pimpinan dan Pengasuh Pondok. Harapan beliau adalah agar semua alumni tetap tidak melupakan pondok, turut menjaga dan mengharumkan almamater Pondok Al-Iman tercinta sehingga tetap terjaga tali silaturahmi

 

Penggalang Dana Untuk Pembangunan Masjid Al-Iman Putra

Saat ini dilakukan renovasi dan pembangunan Massjid Abdur Rahman Pondok Pesantren Al-Iman Putra.Beberapa alumni ikut serta memberikan perannya dalam pembangunan ini. Mereka menggakang dana untuk pembangunan daintaranya yaitu Ust Roni Ahmada, Ust Edy Sujarwo, Ust Heru Korwil Jakarta dan alumni angkatan 2011.

 

Bantuan untuk korban longsor di Banaran Ponorogo

Ponorogo dilanda bencana longsor yakni di desa Banaran Pulung terjadi tanggal  april 2017. Longsor ini menyebabkan desa Banaran tertimbun tanah sepanjang 2 kilometer, beberapa meninggal dunia dan lainnya di pindahkan ke tempat pengungsian. Menghadapi permasalah ini alumni serta para guru di Pondok Al-Iman melakukan penggalangan dana serta barang-barang yang dapat disumbangkan untuk membantu para korban bencana tersebut. Beberapa alumni dan angkatan 2011 ikut serta menjadi relawan di tempat pengungsian.

 

Struktur Organisasi IKPI

Ketua           
Sekretaris Bendahara
:H.Edy Sujarwo M,Pd I
:Yoke Suryadarma
:Imam Sudarmoko, M. Ag :Dyah Novita Candrasari,S    Pd

Devisi-devisi:

  1. Devisi Pendidikan dan Dakwah
-Nuryadi Muhyiddin,S.Pd.I
-Khoiril Anwar,S.Pd.I
-Rusda Nafiatul Laili,M.Pd
  • Devisi Usaha
-Anton Atmaja
-Halif Romdloni Prasetyo,S.P
-Rony Ahmada S.H. MA
  • Devisi Humas dan Informasi
-Rahmat Abdu Rasyid, S. Th.I, MA
-Dhimas Haddam Karunia,S. IP
-M Nadarul Huda,S.H.I

Koordinator  Wilayah (korwil)

Korwil merupakan perpanjangan tangan IKPI pusat yang merupakan kumpulan para alumni berdasarkan konsulat masing-masing. Saat ini IKPI mempunyai beberapa Korwil untuk mempermudah pendataan mempercepat informasi sesama alumni. Berikut Korwil yang sudah terbentuk :

NO WILAYAH KETUA
1 Jawa Timur Ahmad Munir
2 Ponorogo Mujiono At-Taqi,S Pd
3 Malang M.Ali Maksum
4 Surabaya (Meliputi Mojokerto ,Jombang dan Kediri) M.Fuad Al-Muttaqien
5 Tuban, Lamongan dan Bojonegoro(Lambaba) Rusli, S. Pd
6 Magetan, Madiun, dan Ngawi ( M2NC) Eko Yulanto
7 Jabodetabek Muhammad Hasyim Anwari
8 Jakarta Ahmad Maulana
9 Bekasi M.Elam Taufiq H.S Pd.I
10 Palembang Ahnad Wahyu Herdiyanto,M H.I
11 Lampung Agus Hermanto, M.H.I
12 Yogyakarta M FuadAzka
13 Cairo Fawaidul Izzi

 

Data Alumni Pondok Pesantren Al-Iman

Sejak berdirinya Pondok Pesantren Al-Iman pada tahun 1991 di Bajang Mlarak Ponorogo telah mengeluarkan beberapa alumni, dan seiring berjalannya waktu jumlah alumni Pondok Pesantren Al-Iman untuk saat ini telah mencapai…….orang.

 

Kiprah Alumni Al-Iman di Masyarakat

Sejalan dengan yang dicita-citakan Almarhum KH Mahfudz Hakim, alumni harus bias berbaur dan mengayomi masyarakat. Beberapa diantaranya sudah berkiprah di tengah-tengah masyarakat,baik sebagai da’I, pemuka agama pimpinan lembaga pendidikan,guru dan dosen. Sebagian lainnya berprofesi sebagai wirausaha (entrepreneur), pegawai negri/swasta, petani, pengrajin dan lain-lain serta masih ada yang berstatus mahasiswa.

 

Family Gathering IKPI Jawa Timur dan Jabodetabek

Selamat atas suksesnya dan terselenggaranya Family Gathering IKPI Jawa Timur dan Jabodetabek. pada tanggal 23-24 November 2019 IKPI Jabodetabek yang diadakan di Puncak Villa Kampoeng Bamboe Cijeruk Cigombong, Bogor. sedangkan pada tanggal 24-25 Januari 2020 Silaturahmi IKPI Jawa Timur bersama Bapak Pondok Pesantren Al-Iman Putra dan Putri serta Ketua Yayasan yang diadakan di Villa Griya Ciptaningati Pacet, Mojokerto. Semoga atas terselanggaranya acara ini dapat mempererat tali silaturahmi antara alumni dan keluarga Pondok Pesantren Al-Iman.