Assalamualaikum Wrahmatullah Wabarakatuh.

Alhamdulillahil ‘Aliyyil Jalil, seluruh pujian kepada tuhan maha Mulia nan Agung. Sholawat dan salam tak patut kita junjung kecuali padamu ya Nabiyyallah wa ya Habiballah. Kesempatan yang teramat mahal bagi kami dalam menyongsong bulan mulia, untuk menyambung silaturrahim pada keluarga Al-Iman. Meski berbentuk tulisan, semoga Allah meridhoi dan memberi manfaat bagi semua.

Masa belajar di Al-Iman, adalah masa yang indah. betapa kami di Mesir ini sangat merasakan manfaat dari apa yang kami dengar, kami rasakan, kami lakukan, dan kami jiwai dari ibu kami. Dari segi agama, bahasa, seni, bahkan budaya yang diajarkannya mengandung unsur keluhuran budi pekerti, yang nantinya akan berguna dalam bermuamalah kepada manusia dan juga kepada Allah SWT dimanapun kita akan menempuh hidup setelah lulus kelak.

   Merupakan kesyukuran yang teramat besar, dapat bertalaqqi (belajar secara langsung) pada ulama Al-Azhar, berkunjung ke situs peradaban kuno nan masyhur, tadabbur kebesaran Allah berupa bukit Sinai sampai sungai Nil, berziarah ke makam ahlu bait dan para auliya’, antara Sayyidina Husein RA  sampai Imam Syafi’i RA. Itu semua akan sangat terasa indah dan nikmat bila memadukan ilmu dari para guru dan pengalaman yang diajarkan oleh Al-Iman.

Semoga apa yang kita cita-citakan senantiasa diridhoi Allah SWT. Dan semoga dengan tulisan singkat ini, mengirimkan pada pembaca sedikit pengalaman, wawasan pengetahuan, dan semangat belajar yang tak henti hingga penghujung nyawa kelak. Serta menyalurkan banyak energi yang mengundang rahmat dan ridho Allah SWT, terutama dalam bulan yang suci nan agung ini. Amin ya Robbal alamin.

Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh