Pondok Pesantren Al Iman berdiri di atas dan untuk semua golongan, didirikan oleh (Alm) KH. Mahfudz  Hakiem pada tahun 1412 H/ 1991 M atas dasar panggilan Dakwah Islamiyah. Program pendidikan dan pengajarannya diorientasikan untuk mempersiapkan kader-kader Islam yang siap juang disegala lini kehidupan pada era yang selalu berubah-ubah. Sebagai upaya untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Pondok Pesantren Al Iman mengintegrasikan PQ (Physic Quotient), SQ (Spiritual Quotient), IQ (Intelligent Quotient)  dan EQ (Emotional Quotient) dalam menanamkan pilar kemantapan aqidah dan kedalaman spiritual, akhlaqul karimah, keluasan dan kedalam IPTEK serta kematangan hidup.

 

Panca jiwa yaitu Keikhlasan, Kesederhanaan, Berdikari, Ukhuwah Islamiyah dan Kebebasan diupayakan menjiwai setiap langkah dan kegiatan santri, karena bagi Pondok Pesantren Al Iman, lembaga ini bukan hanya institusi pendidikan, tapi juga institusi pembudayaan. Disiplin dan kehidupan Islami bukan sekedar “kepatuhan” tapi lebih karena  kesadaran bahkan kebutuhan. Pondok Pesantren Al Iman menerima santri putra dan putri dengan lokasi pondok yang terpisah.

 

SAMBUTAN PIMPINAN PONDOK PESANTREN AL IMAN PONORGO

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb

 

            Alhamdulillah, segala puji syukur kepada sang maha kuasa Allah SWT, yang telah memberikan hidayah, dan rahmat di setiap daya dan upaya pondok ini dalam mendidik kader umat, sehingga kami bisa untuk terus menebar benih, menyirami, dan memupuki hingga tumbuh menjadi pohon kokoh berupa alumni-alumni yang siap berjuang di tengah masyarakat.

 

            Setahun sudah prosesi kegiatan pendidikan dan pengajaran di pondok pesantren al iman ini berjalan, lazim kiranyakami sajikan liputan informasi tahunan yang dikemas dalam website al iman, sebagai media komunikasi yang memaparkan ulasan berita kegiatan pondok pesantren al iman sepanjang tahun pelajaran 2020-2021. Semoga dapat memberikan informasi berguna bagi segenap pembaca serta menjadi tali penghubing silaturahmi bagi segenap handai tauladan, kerabat, alumni, wali santri, dan segenap santri pondok pesantren al iman.

 

            Sajian intan kali ini mengungkap kesyukuran kami atas perkembangan dan pelestarian seluruh aspek kehidupan di pondok pesantren al iman. Maka, kami tetap berbuat, bekerja, dan berdo’a sebagai gambaran dari kesyukuran atas apa yang Allah karuniakan kepadda kami. Dengan harappan semoga dia selalu menambah barokah Nya manfaat lahiriyah dan batiniyah Nya, moral, spiritual, dan ideal material. AMIN

 

            Disamping kesemua aktivitas yang berjalan, masih banyak program yang belum terlaksana atau masih dalam tahap perencanaan. Sebagai kalimat penutup kami memohon keikhlasan para pembaca untuk ikut serta mendo’akan pondok pesantren al iman. Agar dapat menjalankan semua program-progran dalan bidang pendidikan dan pengajaran, kaderisasi, dan panca jangka lainnya.

 

            Semoga AllahSWT memberikan karunia, taufik, sehat, hidayah, dan afiyah Nya untuk kita semua demi menegakkan kalimat ILLAHIROBBI di bumi ini. AMIN

 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

 

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Iman

Drs. KH. Imam Bajuri, M.Pd.I

Drs. KH. Achmad Zawawi

 

 

MOTTO PONDOK PESANTREN AL IMAN

 

  1. BERBUDI TINGGI,
  2. BERBADAN SEHAT,
  3. BERPENGETAHUAN LUAS,
  4. BERFIKIRAN BEBAS

 

PANCA JIWA PONDOK PESANTREN AL-IMAN

 

  1. KEIKHLASAN
  2. KESEDERHANAAN
  3. BERDZIKARI
  4. UKHUWAH ISLAMIYAH
  5. KEBEBASAN

 

PANCA JANGKA PONDOK PESANTREN AL IMAN

 

  1. PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN
  2. KADERISASI
  3. PERGEDUNGAN
  4. KHIZANATULLAH
  5. KESEJAHTERAAN KELUARGA