PEMBANTU PENGASUH SANTRI

 

 

  • MENGOPTIMALKAN PERHATIAN PONDOK PESANTREN TERHADAP SANTRI

Pengasuhan Santri Pondok Pesantren Al-Iman adalah salah satu dari elemen penting dalam menumbuhkan nilai-nilai kepesantrenan dan sunah pondok kepada para santri, yang diwujudkan dalam sikap dan ketanggapan di setiap jejak kegiatan dan alih gerakan di kampus Al-Iman. Melalui bimbingan merekalah seluruh santri dibimbing dan diarahkan agar kegiatan harian mereka berjalan dengan benar. Fungsi ini menjadi nyata manfaatnya di saat para santri telah tertib diri dan mampu mengelola kebutuhannya secara mandiri.

 

Kegiatan santri Pondok Pesantren Al-Iman tidak pernah lepas dari aktifitas padat, jelas, dan terarah yang mengandung unsur pendidikan yang terjadwal hingga tidak ada waktu kosong bagi santri, ataupun tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Kegiatan santri di luar KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) diwijidkan melalui peran pengurus organisasi pelajar OPPI/OSPI, Organisasi Rayon, juga Koordinator Gerakan Pramuka yang semuanya dikontrol langsung oleh Pengasuhan Santri selama 24 jam terus-menerus.

 

Secara struktural, OPPI/OSPI, Organisasi Rayon, dan Koordinator Gerakan Pramuka berada di bawah binaan dan bimbingan Pengasuhan Santri. Oleh karena itu, segala gerak dan langkah keempat organisasi santri ini selalu di bawah arahan Pengasuhan Santri, yang mana ditangani langsung oleh Pengasuh Pondok yaitu Drs. KH. Imam Bajuri, M.Pd.I dan Drs. KH. Achmad Zawawi. Selain itu, pembantu pengasuh santri juga menjadi sentral lalu lintas instruksional dan konsultasi setiap gerak seluruh bagian OPPI, OSPI, Organisasi Rayon, dan Koordinator Gerakan Pramuka.

 

  1. KEGIATAN HARIAN/MINGGUAN
  • Pengawasan Umum

Sepanjang pagi hingga petang, pembantu pengasuh santri mengawasi jalannya rutinitas para santri yang tiada hentinya, baik mengarahkan kegiatan ubudiyah, ruhiyah, dan ‘amaliyah lewat pendekatan secara personal, kolektif, serta aktif di samping mengevaluasi kinerja Pengurus OPPI/OSPI dan Organisasi Rayon secara berkala demi tercapainya gerakan yang kreatif, inovatif, dan berkesinambungan.

 

  • Gerakan Sholat Dhuha dan Tahajjud

Dalam meningkatkan ubudiyah dan spriritualitas santri, pembantu pengasuh santrimenggalakkan gerakan sholat dhuha dan tahajjud dibantu pengurus keamanan dan pengajaran pusat maupun rayon.

Adapun sholat dhuha dilaksanakan berjamaah sebelum masuk kelas, dilanjutkan dengan hafalan juz ‘amma selama 15 menit sebelum mulai pelajaran pagi,yang mana dibimbing langsung oleh pengurus Organisasi Santri. Dan untuk sholat tahajjud dimulai pada pukul 03.00 dini hari.

 

  • Pelajaran Pagi dan Sore

Di samping pembelajaran formal seperti KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), perlu diadakan materi tambahan yang dapat menyokong pendalaman materi yang diajarkan dikelas. Kegiatan pagi berisi materi-materi untuk peningkatan kualitas bahasa santri seperti sima’ah/listening, muhadatsah/conversation, qira’ah/reading, insya’/composition, dll. Yang mana kagiatan-kegiatan tersebut berlangsung seusai shalat shubuh berjama’ah sampai pukul 05.45.

 

Di kampus putri, setiap hari rabu pagi, seusai shalat shubuh, diadakan kuliah shubuh dengan materi-materi keagamaan, pembentukan mental, ataupun penanaman karakter yang disampaikan oleh beberapa Ustadzah terpilih.

 

Untuk pelajaran sore, dilaksanakan setiap hari senin dan selasa usai shalat Ashar sampai pukul 16.30 dengan materi yang disampaikan meliputi materi tambahan Madrasah Tsanawiyyah dan Madrasah Aliyah seperti SKI, Aqidah Akhlaq, Qur’an Hadits. Selain hari itu kegiatan santri diisi dengan kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka, latihan Marching Band, atau kegiatan peningkatan skill seperti seni hadroh, kaligrafi, melukis, seni musik, ataupun olahraga dan juga keterampilan-keterampilan lainnya.

 

  • Muhadloroh dan Mudzakarah

Salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang di unggulkan di Pondok Pesantren Al-Iman adalah kegiatan Muhadloroh atau Tadribul Khitobah Al-Minbariyyah, yaitu pelatihan berpidato bagi seluruh santri dengan menggunakan bahasa Arab, Inggris, dan juga Bahasa Indonesia. Kegiatan ini dilaksankan dua kali dalam satu minggu, dengan sistem bergiliran dan terbagi menjadi beberapa kelompok. Kegiatan ini dikoordinir oleh bagian pengajaran OPPI/OSPI dan diawasi langsung oleh Pembantu Pengasuh Santri.

Sedangkan Mudzakarahmerupakan media tukar pikiran dan diskusi santri yang mana dalam majlis ini, para santri diajak untuk memantapan wawasan agamanya secara mandiri lewat halaqah dan majlis ilmi. Mudzakarah ini dilaksanakan pukul 17.00 sampai menjelang maghrib dengan dipandu oleh kelas V dan kelas VI KMI dan mendapat bimbingan langsung dari Pembantu Pengasuh Santri.

 

  • Tahsin dan Tahfidul Qur’an

Perbaikan bacaan Al-Qu’an para santri tidak terelepas dari perhatian Pengasuhan Santri. Untuk mewujudkan target tersebut, Pengasuhan Santri bekerja sama dengan para wali kelas dan beberapa Pengurus Organisasi yang juga bertugas saat kegiatan hafalan juz ‘amma di pagi hari, untuk melaksanakan gerakan tahsinul qira’ah dan tilawahyang dilaksanakan selepas shalat maghrib di hari jum’at dan sabtu.

 

Adapun santri yang berbakat dalam seni tilawah, direkrut untuk menjadi anggota jam’iyyatul quro’dan akan mendapatkan perhatian khusus untuk lebih mengembangkan bakat yang telah dimiliki.

 

Tidak hanya mengadakan kegiatan Tahsinul Qira’ah, Pondok Pesantren juga memiliki program Tahfidzul Qur’an yang mana, para santri yang memiliki minat menghafalkan Al-Qur’an akan ditempatkan di asrama khusus Tahfidzul Qur’an dan dibimbing langsung oleh para Huffadz.

 

Pengecekan dan pengontrolan merupakan hal penting yang harus selalu diterapkan oleh Pembantu Pengasuh Santri, karena dari situlah Pembantu Pengasuh Santri akan mengetahui kekurangan dan hal-hal apa saja yang harus segera dievaluasi agar sesuai dengan apa yang telah digariskan. Dari acuan check and control inilah Pembantu Pengasuh Santri mengadakan halaqah di setiap kamar yang dibimbing langsung oleh wali kamar dan beberapa pengurus Organsasi Santri.

Dalam halaqah ini, membahas tentang beberapa masalah yang ada di setiap kamar ataupun rayon. Maka dalam situasi ini, peran wali kamar dan wali rayon sangatlah penting untuk turut memberikan solusi dan memecahkan masalah yang santri temukan di setiap kamar ataupun rayon.

Kegiatan ini diawali dengan membaca Al-Qur’an bersama di kamar masing-masing santri dan dilanjutkan dengan evaluasi yang mana membahas permasalahan-permasalahan santri (sharing) agar para santri dapat mendapatkan penyelesaian masalah mereka dengan cara yan benar dan bijaksana. Tak hanya itu, kegiatan ini juga diisi dengan pengecekan perlengkapan pribadi para santri yang bertujuan agar tidak ada kasus santri yang saling mencuri dan kehilangan barang pribadi mereka. Halaqah ini diakhiri dengan wejangan kemoralan, ataupun motivasi-motivasi yang diperlukan santri.

 

KEGIATAN BULANAN

 

  • Pengecekan Administrasi Organisasi

Dalam rangka mengoptimalkan roda keorganisasian, maka Pembantu Pengasuh Santri secara berkala melakukan pengecekan administrasi keorganisasian yang meliputi surat-menyurat, laporan keuangan, juga laporan program kerja tiap-tiap bagian. Selain itu, secara berkala staf Pengasuhan Santri juga melakukan pengecekan almari santri dan pengurus.Semua itu dilakukan dalam rangka penertiban organisasi dan menjaga keamanan juga kestabilan kehidupan di pondok.

 

  • Rapat Koordinasi

“Kebenaran yang tak terkoordinir akan tumbang oleh kebathilan yang tersusun rapi” (Sayyidina Ali RA). Semboyan inilah yang dijadikan patokan dan pijakan untuk mengadakan rapat koordinasi intra maupun antar bagian kepengurusan OPPI/OSPI, Organisasi Rayon, maupun Koordinator Gerakan Pramuka. Rapat atau musyawarah yang diadakan akan membahas mengenai program kerja tiap-tiap bagian, strategi intensifikasi kedisiplinan, evaluasi perjalanan keorganisasian,pembagian tugas pengurus, dsb.

 

Tak hanya berfokus pada Organisasi santri, Pembantu Pengasuh Santri juga mengadakan rapat antar anggota Pembantu Pengurus Santri guna mengevaluasi kinerja anggotanya sendiri.

 

  • Bimbingan Kajian Ilmiah Bagi Pengurus Organisasi

Bimbingan kajian ilmiah bagi pengurus organisasi ini dilaksanakan di malam Muhadloroh, tepatnya pada hari kamis selepas sholat isya’. Kajian ini membahas berbagai permasalahan tentang hukum Islam serta kajian-kajian keilmuan yang lainnya bersumberkan berbagai kitab keislaman seperti Fiqh Sunnah, Bulughul Maram, Tafsir Al-Qur’an Al-‘Adzim, Bidayatul Mujtahid, dll. Kegiatan ini dilaksanakan dengan bimbingan dari para Asatidz dan Ustadzat di bawah pengawasan langsung pengasuhan santri.

 

KEGIATAN TENGAH TAHUN & TAHUNAN

 

  • Pelatihan Menejemen dan Musyawarah Kerja Organisasi Santri

Dalam rangka peningkatan kualitas, keterampilan, serta pengelolaan tanggung jawab berorganisasi, maka Pembantu Pengasuh Santri menyelenggarakan pelatihan singkat keorganisasian santri dan menejemen bagi seluruh pengurus Organisasi Santri mulai dari OPPI/OSPI, hingga Koordinator Gerakan Pramuka. Pembekalan ini dilaksanakan selama 3 hari di sela liburan akhir semester ganjil yang dibimbing langsung oleh Pembantu Pengasuh Santri. Termasuk yang dibimbing yaitu musyawarah kerja organisasi santri yang digelar tepat setelah pelatihan berakhir, dengan tiga tahap musyawarah yaitu sidang komisi, dilanjutkan dengan sidang pleno, dan yang terakhir adalah sidang paripurna.

 

  • Etiket

Salah satu hal penting yang perlu dibekalkan kepada santri sebelum perpulangan adalah etiket yaitu pelajaran adab dan sopan santun atau akhlak santri, serta tindak tanduk mereka setibanya mereka di rumah. Pembekalan ini mulai dari adab makan dan minum yang baik, adab bertamu, adab menerima tamu, adab berjalan bersama orang yang lebih tua, adab ketika di perjalanan, dan lain sebagainya.

Pembekalan ini tidak hanya dihadiri oleh seluruh santri, namun juga seluruh dewan guru, karena pembekalan ini disampaikan langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren beserta Direktur/ Direktris KMI.

 

STRUKTUR KEPENGURUSAN PENGASUHAN SANTRI

PONDOK PESANTREN AL-IMAN PUTRA

TAHUN AJARAN : 2019-2020

 

Pelindung                         : Ust. Drs. KH. Achmad   Zawawi.

Penasehat                         : Ust. H. Iman Nur Hidayat,. MA

Pembimbing                   : Ust. Mazuin    Hamzah, S.Sos.

Ketua                                 : Ust. Paiman

Sekretaris                       :Ust. Afif  Fathurrahman

Bendahara                     :Ust. Ahmad Munawir Qosim

Bagian Keamanan       : Ust. Paiman

                                               Ust. Agus Khoirur Rifqi

Bagian Ibadah               : Ust. Hafiz Diaz

                                               Ust. Abdillah Dzulfikar

Bagian Pengajaran     : Ust. Paiman

                                               Ust. Alvian Dwi Aditama

                                               Ust. Hafiz Diaz

Bagian Kebersihan     : Ust. Ahmad Munawir Qosim

                                                Ust. Rifki Sandi

Bagian Kesehatan       : Ust. Alvian Dwi   Aditama

Bagian Olahraga         : Ust. Afif Fathurrahman

Bagian Kepramukaan  : Ust. Agus Khoirur Rifqi

                                                   Ust. Rifki Sandi

 

STRUKTUR KEPENGURUSAN PENGASUHAN SANTRI

PONDOK PESANTREN AL-IMAN PUTRI

TAHUN AJARAN : 2019-2020

 

Pelindung                       : Ust. Drs. KH. Imam Bajuri, M. Pd. I.

Penasehat                      : Ust. H. AchmadDzulkarnain, SH, M. Pd. I.

                                           Usth. Dra. Hj. Arini Ulfah Hidayatin, M. Pd. I.

                                           Usth. Hj. Saiyah Umma Taqwa, MA.

Pembimbin                   : Usth. Dyah Novita Candrasari, S. Pd.

                                          Usth. Luk’aylik Musoffa, S. Pd. I.

                                          Usth. Choyul Qoyyum Nulita Samsi, S. Pd.

Ketua                              : Usth. Maya Ulfa Wardani

                                            Usth. Salsabila Fatima

Sekretaris                    : Usth. Aulya Rahma Indah Istiqomah

Bendahara                   :Usth. Aida       Dzakiyyati

Bagian Keamanan       : Usth. MayaUlfa Wardani

                                           Usth. Salsabila Fatima

                                           Usth. Syarifah

                                           Usth. Rafidah Sukmana

                                           Usth. Aisiyana Egid Santika

Bagian Pengajaran : Usth. Aidah Dzakiyyati

                                           Usth. Emily Salsabila

                                           Usth. Nia Pratiwi

                                           Usth. Nur Rahayu

                                           Usth. Nur Azizah

Bagian Bahasa         : Usth. Maria Ulfa

                                           Usth. Alifatul Jihan Nadhifah

                                           Usth. Nia Pratiwi

                                           Usth. Aulya Rahma Indah Istiqomah

                                           Usth. Nafiah Amaliah

                                           Usth. Andi Annisa

Bagian Kebersihan : Usth. Ulfa Mualifatul Khoiriyah

                                           Usth. Syarifah

                                           Usth. Azizah Tri Wahyuni

                                           Usth. Ikke Lestari

                                          Usth. Nur Rahayu

Bagian Kesehatan   : Usth. Ulfa Mualifatul Khoiriyah

                                           Usth. Fify Nur Lynda Febriyani

                                           Usth. Azizah Tri Wahyuni

                                           Usth. Nur Azizah

                                           Usth. Ikke Lestari

Bagian Olahraga     : Usth. Maya Puspita Arum

                                           Usth. Alifatul Jihan Nadhifah

                                           Usth. Lusi Anisya

                                           Usth. Rafidah Sukmana

                                           Usth. Fadila Faradisa

Bagian Kesenian     : Usth. Syarifah

                                           Usth. Emily Salsabila

                                           Usth. Rezky Awaliyah

Bagian Kepramukaan  : Ust. H. Edi Sujarwo, M. Pd

                                        Usth. Lukluil Maknun, S. Pd. I.

                                        Usth. Maya Puspita Arum

                                        Usth. Nafiah Amaliah

                                        Usth. Lusy Anisya

                                        Usth. Fify Nur Lynda Febriyani

Bagian Paket           :Usth. Rafidah Sukmana

                                        Usth. Emily Salsabila

“Sebesar Keinsyafanmu,

Sebesar Itu Pula Keberuntunganmu”