PENGEMBANGAN KHIZANATULLAH

 

Hingga saat ini, Pondok Pesantren terus mengembangkan upaya untuk menambah sumber penghasilan dan meningkatkan produktivitas kegiatan yang ada di dalamnya. Dalam hal ini, peningkatan tidak hanya tertuju pada kuantitas, namun juga kualitas produksi yang dihasilkan dan berkembangnya keterampilan para pelaksananya, oleh karena itu Pondok Pesantren menambahkan fasilitas yang di butuhkan demi tercapainya tujuan tersebut.

 

  • Al-Iman Bakery

Pengembangan usaha Al-Iman Bakery ini mulai dirintis pada tanggal 4 November 2016. Motivasi awal terbentuknya usaha ini  adalah niatan Yayasan Pondok Pesantren Al-Iman untuk mengembangkan ekonomi Pondok Pesantren dan memenuhi kebutuhan gizi santri yang sesuai dengan standard produksi. Alhamdulillah, semuanya berjalan dengan lancar dalam kurun waktu menginjak tahun ketiga ini dan memiliki sumbangsih terhadap Yayasan Pondok Pesantren.

 

 

  • Mini Market

Salah satu keistimewaan Pondok Pesantren Al-Iman adalah kemandirian, yaitu dengan berusaha selalu mandiri dalam memenuhi kebutuhan santri dan gurunya dalam kebutuhan sehari-hari. Hal ini diwujudkan melalui usaha Mini Market yang dikelola sendiri oleh para dewan guru. Usaha ini dibawahi langsung oleh Yayasan Pondok Pesantren Al-Iman, yang mana menyediakan beraneka ragam kebutuhan santri dan juga masyarakat seperti peralatan mandi, kebutuhan sekolah, makanan ringan, dan lain sebagainya.

 

  • Koperasi Pelajar

Koperasi pelajar adalah usaha dalam bidang pemenuhan kebutuhan santri, tak jauh berbeda dengan Mini Market. Yang membedakan usaha ini adalah, usaha ini dikelola langsung oleh santri dan dibawahi oleh Yayasan Pondok Pesantren Al-Iman. Tujuan dari hal ini adalah untuk membentuk karakter tanggung jawab, mandiri, jujur, dan juga tekhnik pengelolaan usaha pada diri santri. Harapan dari usaha ini adalah terbiasanya santri untuk berwirausaha di kemudian hari, sebagai perwujudan penanaman karakter di Pondok Pesantren.

 

  • Al-Iman Tailoring

Usaha ini merupakan usaha konveksi kecil-kecilan yang dirintis Yayasan Pondok Pesantren Al-Iman dalam rangka mewujudkan kemandirian Pondok Pesntren, tak hanya dalam bidang pemenuhan sumber daya pangan, namun juga sumber daya sandang. Usaha ini dikelola oleh beberapa guru yang memiliki keterampilan khusus dalam hal yang dimaksudkan, yang ditunjuk langsung oleh Yayasan Pondok Pesantren. Usaha ini memproduksi kebutuhan sandang santri khususnya seragam sekolah sehingga santri tidak perlu repot mencari keluar area Pondok Pesantren.

 

  • UNIPRO SMK Al-Iman

Tak kenal lelah untuk untuk terus berinovasi dan berkreasi. Semboyan yang tepat untuk mewarnai perjalanan UNIPRO SMK Al-Iman dalam terus berkarya menghasilkan produk-produk hand made. Usaha ini dikerjakan oleh santri SMK Al-Iman yang  mana ditujukan untuk melatih para siswa ahli dan mampu untuk bersaing dalam kancah dunia perekonomian dan bisnis dalam masyarakat. Menghasilkan tenaga ahli dalam urusan tatabusana yang berkualitas dan menunjukkan bahwasanya SMK Al-Iman Bisa!.

 

  • Al-Iman Laundry

Dengan kegiatan santri yang teramat padat, Al-Iman menjawab solusinya dengan mendirikan usaha Laundry guna meringankan kegiatan santri. Terlebih bagi santri baru yang masih dalam tahap pembelajaran dalam memenuhi kebutuhan dan kegiatan pribadinya, juga dalam upaya untuk menjaga kebersihan pribadi. Usaha ini dikelola oleh Organisasi Santri itu sendiri, dan tentu saja dibawah pengawasan dan bimbingan Yayasan Pondok Pesantren Al-Iman,

 

  • Perikanan ( Pengembangan Budidaya Ikan Lele)

Alhamdulillah, dalam proses perjalanan ini, Al-Iman mendapatkan amanat dari Dinas Peikanan untuk merealisasikan tempat pembudidayaan ikan lele. Yang diharapkan nantinya bisa mengampu dan meningkatkan standar gizi konsumsi untuk para santri dan melatih membudidayakan ikan lele sebagai pengembangan bisnis mandiri ataupun kelompok bagi para santri nantinya. Juga diharapkan untuk menunjang ilmu pengetahuan baru untuk para santri, bagaimana cara membudidayakan ikan lele serta merawat hingga memanen untuk menjadikan apa adanya hal tersebut sebagai ilmu pengetahuan baru para santri maupun ustadz ustadzah dalam bidang bisnis dan enterpreneurship.